Jumat, 05 Oktober 2012

Top 10 Inspirational Songs


Jauh sebelum saya terbitkan posting Top 6 Freedom SongsTop 8 Naughty Songs,Top 8 Hurting Songs, saya udah kepikiran judul ini. Gimana enggak, playlist saya dominan sama lagu-lagu yang menginspirasi. Lagu yang pas banget didengar ketika saya kalah lomba menulis. Lagu yang pas banget didengar ketika saya dihina seseorang. Lagu yang pas banget didengar ketika saya diremehkan oleh teman saya. Nah, karena lagu-lagu ini punya pesan positif, jadi saya pengen sharing sama kalian semua.



Oya, sebelum mereview kesepuluh lagu itu, perlu saya tekankan kalau Musik bukan pedoman hidup sayaSaya masih punya kitab suci yang jadi pedoman dunia akhirat. Musik adalah musik. Just for fun. Ada nilai lebih kalau ada pesan di dalamnya.

Sebenarnya saya bingung banget bagaimana harus mengurutkan lagu-lagu ini, karena SEMUANYA adalah favorit saya. Tanpa banyak omong lagi, here it is...

10. Fuerte

Kayaknya ini lagu motivator pertama yang masuk di playlist saya, tapi saya nggak pernah sadar, karena lagu ini berbahasa spanyol. Lagu ini saya dapatkan tahun 2008, pertama kali dengar langsung suka. Dulu saya sering putar lagu ini tanpa memedulikan liriknya. Dan sekarang nangkring di peringkat 29 versi iTunes saya.

Suatu ketika saya searching liriknya, saya translate di google translate. Diartikan ke bahasa Indonesia kacau, saya rada nggak paham. Diterjemahkan ke bahasa Inggris, saya nggak paham. Maklum, bahasa Inggris saya jaman itu ngepas banget (ya nggak jauhlah dari sekarang).

Saya baru sadar lagu ini adalah lagu dengan lirik inspirasional ketika Firework-nya Katy Perry sering menggema di radio-radio. Saat itu, saya artikan lirik lagu ini ke dalam bahasa inggris (karena kalau di bahasa indonesia jadinya kacau). Alhamdulillah, saya jadi ngerti. Liriknya simple, tentang apa pun bisa menjadi nyata ketika kita berani bertindak.

Todo es realidad
Cuando tu estas
Fuerte, desde que estas conmigo
Yo soy fuerte, ya nada es impossible
Fuerte, pideme tres deseos y veras
Todo es diferente

Artinya, kurang lebih begini

Everything comes true
When you're...
Strong, because you are with me
I am strong, nothing is impossible
Be strong, then ask me three wishes and believe
Everyhting looks so different

9. Good and Broken

Lagu ini adalah lagu dari album Meet Miley, dirilis udah lama, tapi saya baru dapat lagu ini tahun 2011. Waktu itu saya dengerin preview albumnya dan langsung jatuh cinta sama lagu ini--setelah baca liriknya. Pernah menjuarai iTunes chart saya, tapi sekarang harus rela menduduki angka 5.

Genre lagu ini teen pop. Saya selalu suka lagu yang ngebeat dan ceria. Dan ini salah satunya.

Arti lagu ini nggak jauh beda sama Fuerte. Apa pun bisa kita taklukan. Bedanya, lagu ini tanpa embel-embel berani.

We can, we can break out of here
Jump on over there
Where the air is clearer

Berikut adalah penggalan lirik lagu ini, yang lebih suka saya sebut quote:

"When we think of stopping, let's keep on rocking to the rhythm of our heart "

"Find the magic, go and grab it. Your fate is in your hands. Come on find a reason to believe in, just tell yourself 'we can'"

Dan penggalan favorit saya adalah (saya selalu merinding pas bagian ini, sering saya ulang-ulang)...

Get off your seat on your feet
Raise your hands
Feel the beat
Let it go
Lose control
Feel it in your soul
Don't you know what you can do
If you have faith in you, life is not impossible
There's no red light in life, just go!

Ya, nggak ada lampu merah di hidup ini, ayo melajuuuu!!!

8. Why Wait

(Rasa-rasanya cuma pengen liat gambarnya dan nggak nulis. Hahaha). Lagu ini punya pesan yang beda dari lagu-lagu di atas. Saat bernyanyi, sang penyanyi seolah bertanya para pendengar musik yang memiliki mimpi, mengapa harus menunda mengejar mimpimu? Yap, Why Wait secara nggak langsung 'memaksa' kita untuk nggak menunda mengejar mimpi. Kasarannya, jangan malas.

Why wait? Tomorrow can be so far away
You're already here
Why wait? Just gotta let go
You gotta believe in yourself all the way
You know that you've got what it takes, so why wait?

Dari hampir semua lagu, bagian favorit saya adalah bridgenya. Menurut saya, bridge adalah klimaks dari sebuah lagu, bagian paling emosional. Jadi sayang banget kalau sebuah lagu nggak memiliki bridge (saya kalau buat lagu selalu mengusahakan buat bridgenya).

Oh, aqui estas conmigo
Para vivir y cumplir tu sueno
Y luchar por lo que has querido
Encuentra tu luz... sigue, vive sin miedo

Kurang lebih artinya seperti ini..

So, here you are, with me
To live and reach your dream
And fight for what you wanted
Find the light... and, live without fear

Nggak lupa saya beritahu, lagu ini cukup puas berada di posisi 35.

7. Keep Holding On

Saya bukan tipikal orang yang bisa bertahan lama suka lagu slow. Tapi pengecualian buat satu lagu ini. Sampai detik ini saya masih suka, meskipun bertengger di posisi 31.

Dari sekian lagunya Avril Lavigne, ini favorit saya. Pertama kali saya denger lagu ini waktu saya masih SMA kelas 2, dari hape teman. Langsung suka. Sampai hari ini.

Membaca empat baris pertama lirik lagu ini membuat saya menangkap lagu ini tentang kekuatan persahabatan, menceritakan seorang sahabat yang menguatkan sahabatnya sedang jatuh. So sweet.

You're not alone
Together we stand
I'll be by your side
You know I'll take your hand

Bagian yang bikin merinding adalah refrainnya.

Keep holding on
'Cause you know, we'll make it through, we'll make it through
Just stay strong
'Cause you know, I'm here for youI'm here for you

Sahabat selalu ada di sisi sahabatnya, meskipun sedang tidak dibutuhkan. :')
Itulah pelajaran yang saya dapat dari lagu ini.

6. This Is Me

Dari ke sepuluh daftar lagu inspirasional, yang liriknya paling berisi adalah This is Me. Lalu kenapa ada di urutan 6? Kenapa nggak urutan satu aja? Karena saya sedikit bosan sama lagu ini, walaupun kadang masih sering diputar, jadi jangan heran kalau menduduki angka 40 di iTunes saya.

Lagu dibuka dengan lirik yang akan membuat pendengar simpatik kepada si penyanyi. Sang penyanyi berkata, dia adalah tipikal cewek yang selalu menyembunyikan wajahnya, terlalu takut untuk memperlihatkan dirinya pada dunia.

Di baris berikutnya, sang penyanyi seolah sadar, dia punya mimpi, yang tersimpan di dalam hatinya. Dia tak mau mimpi hanya menjadi angan. She's gonna let it show. It's time. To let you know.

Sayangnya, lirik pada bagian reff tak semenakjubkan bait-bait sebelumnya. Tapi saya tetap suka.

This is real
This is me
I'm exactly where I'm supposed to be now
Gonna let the light shine on me (selalu merinding di bagian ini)

Biasanya saya akan suka bagian bridge. Pengecualian untuk lagu ini. Bukan, bukan karena saya nggak suka rekan featuringnya--Joe Jonas. Menurut saya nggak nyambung. Malah nyasar ngomongin cinta.

You're the voice I hear inside my head
The reason that I'm singing
I need to find you, I gotta find you

Klimaks yang gagal. Meskipun bagian itulah yang bikin orang-orang makin suka, tapi saya enggak.

5. Who Says


Saya bukan pendengar setia lagu-lagu Selena Gomez. Dari sejarah bermusiknya, saya baru suka dua lagunya, A Year Without Rain dan Round and Round. Tapi udah bosan.

Saya masih ingat hari itu, ketika seseorang memposting ini di twitter:

Who says you're not perfect. Who says you're not worth it. Who says you're the only one that's hurting. Selena Gomez - Who Says

Saya langsung buka twitternya Selena, dan saya menemukan tweetnya yang berkata, "Next single: Who Says." Saya jadi bingung. Setahu saya lagu itu nggak ada di album A Year Without Rain. Setelah beberapa lama kemudian, saya jadi tahu kalau single ini untuk album barunya--terbit tanggal 28 Juni 2011, tapi saya udah dapat sealbum *ketawa setan*

Lagu dibuka dengan petikan gitar akustik dan suara Selena yang berkata, "I wouldn't wanna be anybody else." Teen pop adalah genre lagu ini, genre yang menurut saya pas sama kepribadian Selena. Who Says bisa didengar untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak sampai yang udah tua. Di lagu ini Selena seolah menempatkan dirinya sebagai motivator, meyakinkan pada kita bahwa kita tidaklah seperti yang orang-orang katakan. Dan pastinya saya suka lagu ini. Sering saya putar. Jangan heran kalau nangkring di angka 8 di iTunes saya.

Bagian favorit saya bukanlah reff, bukan juga bridge--suka, sih, tapi belum jadi favorit. Yang saya suka adalah sebelum masuk reff. Nggak tahu apa istilahnya. Pokoknya begini liriknya.

I'm no beauty queenI'm just beautiful me
You've got every right to the beautiful life

Bukan hanya 'kamu', tapi kita semua punya hak untuk mendapatkan kehidupan yang indah.

Spesialnya, lagu ini memiliki versi spanyolnya. Selena adalah salah satu pengagum Shakira, dia selalu senang ketika Shakira memiliki dua lagu yang sama, namun dalam berbahasa yang berbeda--Inggris dan Spanyol. Selena nggak mau kalah. Who Says juga punya versi spanyolnya, Dices.


Lirik Dices sedikit beda sama Who Says. Maklum, susah menjodohkan lirik dengan nada. Yang dulunya bahasa inggris ditranslate ke bahasa spanyol, pastinya banyak suku katanya jadi beda. Nggak pas lagi sama nadanya. Lirik favorit saya dari Dices cuma satu, yakni saat pembukaan.

Nada que temer, nada que cambiar
(Don't wanna fear, don't wanna change)

Dices 'kalah' dari Who Says di chart iTunes saya, stuck di peringkat 18. Not bad, hanya beda 10 angka.

4. One Day


Kali ini lagu pop, berunsur R&B.  Penyanyi dari Filipina--yang sukses go internasional--ini seolah pengen ikut-ikutan menyanyikan lagu motivasi. Diproduseri Nick Jonas, akhirnya Charice berhasil menyanyikan lagu inspirasional ini dengan asyik.

'You' pada lagu-lagu di atas kebanyakan untuk kita--agar tetap kuat ketika ada yang menghina, agar tetap berjalan menggapai cita-cita. Kalau ini, beda. 'You' di sini diperuntukkan para haters. Kekuatan dari lagu ini adalah reffnya. Suara Charice yang bagus bersemangat menular kepada saya.

One day, I'll make you a believer
One day, got this all I need
One day, don't try to tell me I can't
Right now I'm writing the future
Won't stop I'm a mover
One day, you're gonna know who I am
One day, I will fly high and free
It's my fate, wait and see

Saking sukanya saya sama lagu ini dan saking seringnya saya putar, sempat menjuarai tangga lagu di iTunes saya. Tapi sekarang harus puas bertahan di angka 7.

3. I'm Still Good


Sebelum mendownload lagu, saya selalu mendengar previewnya di Youtube. Dan ini adalah salah satu 'korban' yang saya dengar melalui preview. Pertama kali dengar, sih, nggak seberapa suka. Soalnya suara Miley kayak boneka Barbie yang diputar berulang-ulang. Tapi saya coba download, soalnya liriknya kayaknya bagus. Dan ketika saya putar lagunya, sambil searching liriknya, ternyata terbukti!

Well, meskipun liriknya tidak 'sevulgar' Who Says, maksud saya, lirik lagu ini nggak terang-terangan untuk membuat kita stay strong. Lagu ini hanya menceritakan pengalaman seorang Hannah Montana yang seringkali jatuh, gagal, tapi dia nggak kecewa. She's still good.

So I might slip again
Let it in now and then
That don't mean anything
I'm still good
Trying to be my best
When I fall, it's a mess
Pick myself up again
I'm still good

Saya lihat di google translate 'slip' artinya tergelincir. Di sini saya mengartikan terjatuh. Sama aja, sih.

Kenapa saya menempatkan lagu ini di posisi keempat? Bukan, bukan karena lagu ini menempati posisi 3 di iTunes saya. Tapi karena lagu ini saya banget. Ya, setiap saya kalah lomba menulis, yah jujur saja, saya kecewa, tapi saya bersyukur saya bukan orang yang bisa lama-lama kecewa. Paling cuma beberapa menit kecewa, terus udah biasa lagi. Yeah, I'm still good. Saya nggak mati, saya nggak kehilangan orang yang saya sayangi, saya hanya kalah dan saya bisa mencoba lagi.

Saya sangat berapi-api ketika lagu ini tepat sebelum memasuki reff. Kalimatnya bener-bener bikin saya makin kuat.

I think about it
When I wanna give up
How to keep on going
How to keep my chin up
Somehow I know it
I'm not gonna give up
Never gonna give up

Aku berpikir tentang ini
Ketika aku ingin menyerah, bagaimana caranya untuk terus berjalan
Bagaimana caranya untuk tetap tabah
Entah kenapa aku yakin
Aku tak akan menyerah
Takkan pernah menyerah

Melodi ceria khas Hannah Montana bikin saya jadi SEMANGAT!!!

2. Mean

Setelah bermellow bersama Avril, R&B-an sama Charice, ceria sama princess Disney--Miley Cyrus, Demi Lovato, dan Selena Gomez--mari kita nyanyi lagu country bareng pacar saya, TAYLOR SWIFT. Dari sekian lagu inspirasional, ini lagu yang paling polos. Oya, mean di sini artinya bukan arti, tapi jahat :P

Di lagu ini, Taylor nggak menempatkan dirinya sebagai seorang motivator atau pun seseorang yang menjadi diri sendiri dan berusaha menggapai cita-cita. Taylor hanya seorang gadis polos yang jadi korban dijahatin orang.

Kata para kritikus musik, lirik ini adalah lirik yang memiliki diksi paling baik (dan hebatnya dibuat sendiri oleh Taylor).

You, with your words like knife
And swords and weapons that you use against me
You have knocked of my feet again
Got me feeling like a nothing

Reff dari lirik lagu ini pun biasa saja. Nggak ada kata-kata yang bisa dijadikan quote. Tapi inilah uniknya. Taylor menyanyikan reff dengan polos dengan harapan bisa tinggal di kota tua yang besar dan bisa menjadi 'besar' supaya orang jahat itu tidak bisa mengganggunya lagi. Someday I'll be living in a big old city and all you're ever gonna be is mean. Someday I'll be big enough so you can't hit me and all you're ever gonna be is mean. Why you gotta be so mean?

Verse 2 senada dengan verse 1. Tak ada perubahan pada reff 1 dan 2, semua dinyanyikan dengan taste yang sama, tanpa kesan membosankan. Yang saya suka dari Taylor Swift ketika membuat lirik adalah ALUR. Hampir semua liriknya mempunyai alur. Begitu juga lagu ini. Perhatikan lirik pada bridgenya.

And I can see you years from now in a bar
Talking over football game
With that same big loud opinion but
Nobody's listening
Washed up and ranting about the same old bitter thing
Drunk and grumbling on about
How I can't sing

Ya, setelah bertahun-tahun, akhirnya Taylor bertemu dengan orang jahat itu, di bar, sedang berbicara tentang sepak bola, TAPI tak ada satu pun orang yang mendengarnya. Kasian.

Belum sampai di situ. Taylor seolah-olah ingin membuat saya makin cinta dengan menambahkan lirik ini setelah bridge:

All you are is mean
And a liar, and pathetic, and alone in life
And mean, and mean, and mean

Nadanya lucu dan polos! Dan benar kata Taylor, orang jahat adalah orang-orang yang pembohong, lemah, dan kesepian di dalam hidupnya.

Oya, Taylor terinspirasi membuat lagu ini ketika ada seseorang yang mengkritiknya dengan  kritikan negatif. Kata Taylor--yang disetujui oleh saya--pengkritik ada dua macam. Pengkritik yang jujur, apa adanya, membangun, dan Taylor sangat menerima itu. Kedua, pengkritik yang jujur, apa adanya, tapi menjatuhkan, hanya berkata jelek tanpa menunjukkan kesalahan. Orang jahat di lagu ini adalah orang yang berkata Taylor tak bisa bernyanyi dengan kata-kata yang menyakitkan. Well, semua orang tahu, Taylor terkadang tak bisa menyanyi dengan baik saat live-nya, tak sebagus penyanyi lainnya, tapi cuma Taylor yang bisa menaklukan chart billbord! Nggak ada penyanyi yang semua lagunya masuk ke dalam chart billboard dalam waktu bersamaan, kecuali dia. Nggak ada penyanyi yang albumnya bisa bertahan sebanyak (saya lupa berapa lama), yang jelas album Taylor--Fearless--menempati posisi terlama di peringkat satu sepanjang SEJARAH.

Dan lagu Mean adalah jawara di iTunes saya hari ini. (menggeser The Edge of Glory-nya Lady Gaga)

1. Firework


Ini adalah lagu motivator pertama yang saya kenal (Fuerte lebih duluan, tapi saya tahu makna lagu ini duluan ketimbang Fuerte). Mulanya, sih, cuma iseng-iseng download lagu yang menduduki top 5 di website iTunes. Lagu ini sempat tersimpan beberapa lama di folder download, tanpa pernah saya mainkan.

Akhirnya datanglah saat itu. Saat saya memutar lagu ini untuk pertama kalinya DAN langsung suka, meskipun belum tahu bagaimana liriknya. Tanpa pikir panjang, saya googling liriknya. Woaaaaahhh, menyentuh banget! Bukan, bukan tentang kisah seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya. Bukan tentang seorang sahabat yang berjanji untuk tidak terpisah. Tentang cahaya dalam hati.

Dentuman-dentuman di lagu ini serupa vitamin, yang membuat hati saya 'besar' dan lebih bersemangat. Lagu dibuka dengan lirik yang menohok saya.

Do you ever feel like a plastic bag?
Drifting through the wind, wanting to start again?

Pernahkah kamu merasa seperti tas plastik?
Dihempaskan oleh angin, ingin mengulanginya lagi?

Rasanya saya ingin berteriak 'YA' sekencang-kencangnya. Saya pernah ngerasa seperti itu. Ketika orang-orang di sekitar saya merendahkan saya, menertawakan di belakang karena saya hanya bisa masuk universitas swasta. Dua baris lirik itu dipastikan membuat saya akan jatuh cinta selamanya pada lagu ini.

Seperti One Day, kekuatan lagu ini adalah reffrainnya. Katy Perry mengeluarkan segala emosinya saat menyanyikannya, bahkan ia mengakui bahwa ini adalah lagu favoritnya di album Teenage Dream. Namun sebelum memasuki reff, Katy Perry seolah memberi tips pada kita yang selama ini selalu ditindas.

Do you know that there's still a chance for you?
'Cause there is spark in you
You just gotta ignite the light
And let it shine
Just own the night
Like a 4th of July

Penggalan lirik diatas diiringi oleh suara biola yang digesek dengan cepat, seolah mengiringi cahaya keluar dari hati kita, berubah menjadi kembang api, meledak indah di langit.

Baby, you're a firework
C'mon show 'em what you're worth
Make 'em go, oh, oh, oh
As you shoot across the sky-y-y

Baby you're firework
C'mon let your color burst
Make 'em go, oh, oh, oh
You're gonna leave 'em falling down-own-own

Setelah reff diselesaikan, masuk ke verse 2. Menurut saya, ini adalah bagian yang bakal difavoritkan banyak orang. Gimana enggak, liriknya adalah kumpulan quote!

You don't have to feel like a waste of space
You're original, cannot be replaced
If you only knew, what the future holds
After a hurricane comes a rainbow

Hampir semua bagian dari lagu ini adalah favorit saya. Verse 1, reff, verse 2, (kembali) ke reff, dan pastinya BRIDGE. Setelah menganalogikan diri kita dengan kembang api, Katy 'menyamakan' diri kita seperti bulan, bahkan lebih terang dari bulan.

Boom, boom, boom, even brighter than the moon, moon
It's always been inside of you, you, you
And now it's time to let it through

Katy Perry, harusnya kamu menyanyikan lagu seperti ini. Bukan Peacock. :)

Sampai detik ini, lagu ini tak mau bergeser di posisi puncak di most played di handphone saya. Di iTunes, Firework 'meledak' di angka 12.

*

Di posting berikutnya, saya bakal buka rubrik baru, Musik Video. Sebagai postingan premiere di rubrik itu, saya bakal bahas musik video yang menginspirasi saya. Dan dari sepuluh lagu ini saya hanya akan pilih dua lagu untuk di review... dan lagu itu adalah...










jreng... jreng...












MEAN dan FIREWORK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar